SEKILAS INFO
21-08-2019
  • 3 bulan yang lalu / Rilis Aplikasi EraporSMP V.2.0
  • 5 bulan yang lalu / Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d
  • 6 bulan yang lalu / Persiapan Rilis Dapodik v.2019c akan di rilis pada akhir Februari 2019
15
Apr 2019
0
Sync Dapodik Prov. Jabar

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, melalui Kegiatan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun ini kembali menyelenggarakan Workshop Aplikasi Dapodik versi termutakhir (2019.d). Telah menjadi agenda rutin bahwa setiap pergantian tahun ajaran di sekolah juga akan diikuti dengan pergantian versi Aplikasi Dapodikdasmen versi baru.

Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen yang dilakukan secara terus-menerus merupakan upaya untuk selalu meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk mengakomodasikan regulasi yang berlaku. Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 sangat kompleks dengan permasalahan perubahan akan berjalan dengan cepat, sehingga perlu kecepatan dalam pengambilan keputusan, efisiensi dan efektifitas kerja akan menjadi faktor keberhasilan. Perubahan yang terjadi menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

Menghadapi tantangan tersebut, manajemen pengelolaan data dituntut untuk terus berbenah, termasuk dalam penyajian data yang realtime update dan komprehensif dalam upaya meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan data. Hal ini menjadi ujung tombak guna mendukung arah kebijakan di Bidang Pendidikan, sehingga akan menyokong dalam Peningkatan Mutu Pendidikan yang bermuara pada meningkatnya pula Indeks Pembangunan Jawa Barat. Di satu sisi, guna mendorong terkumpulnya data dengan kualitas baik, maka Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola Dapodik dalam hal ini Operator di satuan pendidikan menjadi lokomotif utama yang bertanggung jawab dalam operasional pengelolaan data yang dituntut untuk menggunakan sistem yang tepat dan sesuai dengan aplikasi terbaru. karena sejalan dengan tuntutan pengelolaan data pendidikan yang semakin kompleks dan berubah setiap waktu, maka sistem aplikasi pun dituntut untuk lebih mutakhir sehingga menyebabkan terjadinya perbedaan dan pembaharuan pada aplikasi sebelumnya.

Sistem pendataan Dapodik termutakhir mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik yang diberi nama versi 2019.d. Secara sistem, pembaruan versi 2019.d disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemutakhiran data pada Semester II Tahun Ajaran 2018/2019 yang merupakan perbaikan dan pembaruan dari Versi sebelumnya (2019.c). Sejak dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d ini, maka Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2019.c) secara otomatis tidak berlaku dan tidak dapat digunakan lagi. Pembaruan-pembaruan ini sangat penting dan sangat segera untuk dilakukan dalam rangka menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada aplikasi Dapodik 2019.d ini, terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan pembaruan beberapa fitur, perbaikan, dan juga penambahan fitur baru. Pembaruan dan perbaikan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari laporan-laporan adanya bugs, Pengaturan untuk mengakomodir Program SKS, Pengaturan Rombongan Belajar (Rombel), Validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), NISN, dan Titik Koordinat. Peserta yang diundang pada Kegiatan ini sebanyak 54 orang yang merupakan unsur Fasilitator Dapodik Provinsi Jawa Barat dan Unsur Perwakilan Operator satuan pendidikan dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Pelaksanaan dimulai pada Hari ini Selasa, tanggal 9 April s.d Jumat, 12 April 2019, bertempat di Sabda Alam Hotel & Resort, Kabupaten Garut dengan dipandu oleh narasumber yang berasal dari Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI dan Tim Pengembang SIM Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

  1. Aplikasi Sync Prov Jawab

Sumber : http://dapodik.disdik.jabarprov.go.id

admin

Endar Herawan at Komisariat Jampangkulon
Staff Accountant at smpn2cibitungsmi.sch.id
admin

Latest posts by admin (see all)

Pengumuman Terbaru

Rilis Website Pembaruan Laporan

Archives

WhatsApp chat